Peringatan Hari Lahir Pesantren Tercinta ke 18



Oleh Sodik

Apa saja sih kegiatan untuk memperingatai Harlah ke 18 Pondok Pesantren tercinta kali ini? Yuk, baca beberapa agenda kita di bawah ini.

Ngaji Sosmed Bareng AIS Jogja
Sarasehan ini diadakan pada tanggal 8 Februari, tepatnya pada malam Jum’at sehari sebelum pengajian puncak Harlah. Dalam acara sarasehan ini PP. Al Luqmaniyyah bekerja sama dengan AIS Jogja. AIS sendiri merupakan singkatan dari Arus Informasi Santri. Sebuah organisasi yang berkecimpung dalam dunia Literasi Media Sosial bagi santri maupun umum. Adapun tema yang diusung adalah “Media Sosial Santri Cerdas Menginspirasi”. Tema ini dikupas oleh pembicara yang sudah berpengalaman dari AIS Jogja, diantaranya Yusuf Haryono (admin IG komplek_el), Aro Muhammad (admin IG ala_santri), Gus Islah dan Kiai Adib Rizqi, yang di moderatori oleh Muhammad Fihri. Teman teman AIS Jogja mensosialisasikan kepada santi PPLQ bahwa media sosial jika digunakan dengan cerdas bisa menjadi sarana dakwah kreatif santri melalui sosmed. Mereka juga berbagi ilmu kepada santri PPLQ tentang membuat caption yang bagus untuk bisa digunakan dalam bersosmed.

Acara sarasehan ditutup dengan pengumuman pemenang dan pemberian hadiah kepada pemenang lomba-lomba yang telak dilaksanakan pada hari sebelumnya. Lomba-lomba yang diadakan diantaranya adalah lomba futsal antar kelas, Instagram Chalenge dan Lomba Miss Muslimah LQ. Harapan dari pengasuh PPLQ sendiri tentu dengan kedatangan AIS Jogja ini diharapkan santri  PPLQ bisa lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan sosial media sehingga memberikan kemaslahatan untuk kalangan santri eLQi, maupun masyarakat luas.

Muqoddaman dan Pengajian Akbar
Puncak acara harlah PPLQ dilaksanakan pada 9 Februari 2018. Dimulai dengan berziarah ke makam pendiri pesantren, Almarhum Almaghfurlah KH. Najib Salimi di Mlangi setelah acara sarasehan dilanjutkan muqoddaman sebanyak 18 kali setelah sholat subuh berjamaah hingga maghrib. Pengajian akbar dilaksanakan malam harinya. Diikuti oleh seluruh santri, asatidz dan juga jamaah pengajian dan sholawat malam selasa. Turut hadir pula Simbah Kiai Salimi Mambaul Ulum, Kiai Chudlori Abdul Aziz. Mauidhoh Hasanah disampaikan oleh Kiai Nasrul Arif, pengasuh PP. API Tegalrejo, Magelang.

Dalam acara puncak Harlah kali ini diawali dengan pembacaan sholawat Simtud Duror dan dilanjutkan dengan rangkaian acara seperti pemotongan tumpeng, penyerahan karya santri kepada pengasuh PPLQ, dan kemudian mauidoh hasanah.

Pemotongan tumpeng sebagai bentuk rasa syukur atas Harlah PPLQ ke 18 dan dilakukan langsung oleh Mbah Kiai Salimi dan Mbah kiai Chudhori disaksikan langsung oleh seluruh santri dan jamaah yang hadir dalam acara puncak Harlah PPLQ.

Pemotongan tumpeng ini tentu memiliki makna yang sangat penting selain sebagai wujud syukur atas usia PPLQ sekarang dan juga menjadi harapan baru untuk PPLQ agar semakin lebih baik untuk ke depannya serta menjadi tempat pendidikan yang mampu mencetak  generasi muda yang berguna bagi kemaslahatan umat, nusa bangsa, dan negara.

COMMENTS

Nama

Ala Islam,2,Bahtsul Masail,6,Bilik Kitab Kuning,2,cerpen,15,figur ulama,7,Humor Santri,4,Ipin dan Iman,3,kesehatan,2,LQ Zone,13,Nasihat,6,opini,14,profil santri,3,Puisi,10,Redaksi,2,tajuk utama,20,teknologi,5,Wawancara,1,
ltr
item
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner: Peringatan Hari Lahir Pesantren Tercinta ke 18
Peringatan Hari Lahir Pesantren Tercinta ke 18
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfR8CJN_GNn1LNzUocBbUSELX5EgZ5VoCh7zuyAqhxD9cjQtrBLeqwzvLOyvx9GSXS84zHAAK274IajkNJk7jbW3-8mziREw6hfcdnYR2HfmA54lexl8L0_s7cw9Ptt6JtD9iuT8JLjdI/s320/_MG_0883.JPG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjfR8CJN_GNn1LNzUocBbUSELX5EgZ5VoCh7zuyAqhxD9cjQtrBLeqwzvLOyvx9GSXS84zHAAK274IajkNJk7jbW3-8mziREw6hfcdnYR2HfmA54lexl8L0_s7cw9Ptt6JtD9iuT8JLjdI/s72-c/_MG_0883.JPG
IQRO' ONLINE | PPLQ Media Partner
https://iqro-online.blogspot.com/2018/03/peringatan-hari-lahir-pesantren.html
https://iqro-online.blogspot.com/
http://iqro-online.blogspot.com/
http://iqro-online.blogspot.com/2018/03/peringatan-hari-lahir-pesantren.html
true
5050469009596547954
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy